Manfaat Makan Menggunakan Jari Tangan

ImgMakan adalah kegiatan memasukan makanan atau sesuatu kedalam mulut untuk menyediakan nutrisi bagi makhluk hidup dan juga energi untuk bergerak serta pertumbuhan.

Makan biasa menggunakan sendok dan garpu, namun sering kali kita melihat ada sebagian orang makan tanpa menggunakan sendok. Mereka makan menggunakan jari tangan mereka. Sehingga ada yang memandang aneh namun ada pula yang menanggap biasa saja karena memang sudah menjadi kebiasaan di kampung.

Namun dibalik itu semua ternyata mereka mengikuti tuntunan Rasulullah SAW, karena Rasulullah makan tidak memakai sendok makan akan tetapi cukup menggunakan tangan.

Kalau melihat sejarah Nabi Muhammad SAW memang beliau memberikan contoh cara makan yang benar yaitu menggunakan tiga jari tangan dan tidak menggunakan sendok, karena bisa jadi memang pada waktu itu belum ada sendok seperti sekarang jaman modern, jadi karena keadaanlah yang menyebabkan Rasulullah SAW menggunakan ciptaan Allah tersebut sebagai alat memuluk makanan.

Selain karena Sunnah Nabi atau karena dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW apakah benar bahwa makan dengan tangan tanpa sendok atau garpu justru membuat pencernaan menjadi sehat?

Jika melihat struktur tangan kita, menurut penelitian bahwa tangan kita sebenarnya menghasilkan enzim yang dapat menjadi media untuk mempermudah menghancurkan makanan di dalam proses metabolisme pencernaan makanan sehingga dengan adanya enzim tersebut mengakibatkan bagi orang-orang yang melakukannya akan terhindar dari penyakit radang usus, ambeyen maupun sembelit, hal ini disebabkan karena makanan dalam alat pencernaan kita dengan mudah dicerna dan dihancurkan sehingga memudahkan proses penyerapan nutrisi sekaligus mempermudah mengeluarkan kotoran tanpa kesulitan dan tanpa membutuhkan obat pencahar.

Hal ini terbukti, meskipun bukan dari penelitian ilmiah akan tetapi berdasarkan pengamatan masyarakat pedalaman termasuk penulis sendiri merasakan bahwa ketika kita mau menggunakan tangan kita untuk memuluk makanan ternyata terhindar dari penyakit yang tersebut di atas. Begitu sebaliknya era modern saat ini justru banyak sekali masyarakat kita yang terkena penyakit pada pencernaan dan yang lebih umum kita dengan adalah penyakit susah buang air besar (sembelit) bahkan ada yang lebih parah menjadi penyakit turun berok (ambeyen) karena tidak lancarnya usus dalam mengeluarkan sisa-sisa hasil pencernaan.

Akan tetapi, memang sebagian masyarakat khususnya masyarakat modern justru menganggap pola hidup sederhana yang dicontohkan Nabi tersebut dianggap ketinggalan jaman dengan alasan mereka sudah bisa memanfaatkan sendok dan garpu sebagai alat makan.

Hal inilah sebenarnya yang semestinya dipahami bahwa tidak selamanya sesuatu yang sederhana atau kuno dianggap lebih buruk dari pada pola masyarakat yang dianggap maju. Padahal sebenarnya masyarakat kunolah yang lebih bisa menjaga kesehatannya secara alamiah dari pada memanfaatkan sesuatu yang modern tapi justru berbahaya.

Oleh karena itu tidak ada salahnya kita mencoba lagi makan dengan tangan tanpa ada rasa malu. Yang penting sebelum makan cucilah tangan terlebih dahulu dengan sabun hingga bersih sehingga kemungkinan kuman di tangan kita akan lenyap. Tanpa adanya kuman makanan yang kita makan akan menjadi lebih sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s