Olahraga Ringan di Kantor

ImgKlikDokter.com – Banyak orang yang merasa malas melakukan olahraga ringan saat di kantor, padahal sedikit pergerakan di kantor akan mengurangi keluhan pegal-pagal. Terlalu lama duduk dan menatap layar komputer dapat membuat tubuh menguap. Akibatnya, tubuh pun terasa lemas dan pegal-pegal. Kondisi bisa bertampah parah dengan asupan makan siang yang menumpuk.

Menurut penelitian yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Alberta, Kanada, menjelaskan, mereka yang bekerja di belakang meja mulai pukul delapan pagi sampai lima sore pasti sering mengeluh pegal-pegal pada punggung serta kaku di bagian otot-otot tubuhnya. Keluhan tersebut tidak lain lantaran kebiasaan bekerja duduk terlalu lama yang bisa mengakibatkan penyumbatan pada pembuluh-pembuluh darah. Untuk mengatasinya harus melakukan gerakan senam ringan yang biasa dilakukan di kantor.
Berikut ini ada beberapa latihan atau olahraga ringan yang dapat dilakukan di belakang meja dan mengurangi risiko kesehatan, seperti;
1. Memperbaiki postur atau tubuh yang baik
Postur tubuh yang baik adalah tegak, bahu ditarik ke belakang dan bagian atas monitor harus sejajar dengan mata. Jika harus melihat monitor ke arah bawah atau atas, maka perlu menyesuaikan ketinggian dari kursi agar sejajar. Serta pergelangan tangan tidak menggantung di atas keboard atau mouse pad.
2. Melakukan latihan peregangan secara teratur
Latihan peregangan yang dilakukan untuk tangan, kaki, leher dan dada bisa dilakukan sambil duduk seperti berikut ini:
  • Leher : secara perlahan gerakan leher ke atas dan ke bawah, lalu ke kiri ke kanan beberapa kali.
  • Bahu : putarkan bahu kedepan kiri dan kanan sekitar 10 kali. Hal ini bisa membantu melepaskan ketegangan dari bahu. Sedangkan untuk lengan bisa dengan cara melebarkan tangan selebar bahu, lalu lakukan peregangan.
  • Pergelangan tangan dan kaki : putar-putar pergelangan tangan dan kaki setiap jam. Putarkan pergelangan tangan dan kaki searah jarum jam, kemudian arah sebaliknya. Hal ini bisa membantu mencegah carpal tunnel syndrome, terutama jika menghabiskan banyak waktu untuk mengetik.
  • Dada : jika sering membungkuk di depan keyboard. Buka yangan lebar-lebar, lalu putar pergelangan tangan secara eksternal (posisi jempol naik turun) lalu tarik bahu kembali.
  • Perut : peregangan bisa dengan cara menarik otot perut lalu menajannya selama bebrapa detik kemudian lepaskan.
3. Jangan duduk diam untuk jangka waktu lama
Usahakan untuk berdiri setiap setengah jam sambil berjalan-jalan sedikit. Hal ini membantu sirkulasi darah supaya normal.
4. Istirahat sejenak dari layar monitor
Alihkan  fokus dan perhatian dari layar komputer setiap 30 menit atau lebih dengan melihat pemandangan lain, seperti jendela, jam, meja atau benda disekitar. Hal ini membantu gerakan mata dan mengurangi iritasi mata dan sakit kepala.
5. Ambil nafas dalam-dalam
Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dengan menggunakan otot perut, tahan perut selama beberapa detik ketika bernafas dan kemudian lepaskan bersamaan dengan mengeluarkan napas. Jika memungkinkan cobalah menghirup udara segar beberapa saat, karena ini baik untuk paru-paru dan pikiran.
6. Mengkonsumsi air putih yang cukup
Jika asupan air didapatkan dengan cukup maka akan membuat seseorang lebih waspada. Karenanya jangan malas untuk mengisi ulang air, selain bisa mendapatkan air yang cukup juga baik untuk olahraga kaki secara bersamaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s