Berapa Usia Ideal Seseorang Menikah?

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Angka remaja menikah diusia dini semakin hari semakin meningkat.  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN), menyarankan usia 20-21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki, sebagai batas usia pernikahan yang ideal.

Saat ini diperkirakan sekitar 50 persen remaja menikah pada usia dibawah 20 tahun dan 5 persen diantaranya  menikah pada usia 10 – 15 tahun. Situasi tersebut tentu bukan hal yang menguntungkan bagi program keluarga berencana dan kependudukan.

“Remaja menikah diusia dini sebenarnya belum memiliki kematangan secara fisik dan psikologis baik untuk hamil, melahirkan maupun menjadi orangtua,” kata Kepala BKKBN Fasli Jalal disela Gebyar 1001 Poster BKKBN dan final lomba poster 2013, Minggu (24/11/2013).

Dia menjelaskan, kasus pernikahan dini masih kerap ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia dengan usia pernikahan dini antara 16 hingga 19 tahun bahkan ada yang di bawah itu.

Saat seorang perempuan menikah di usia 16 tahun dia mempunyai masa reproduksi jauh lebih panjang dibanding mereka yang menikah di atas usia 25 tahun dimana masa reproduksi yang lama maka kemungkinan untuk melahirkan semakin besar sehingga bisa saja mempunyai anak lebih dari dua bahkan lebih dari lima.

Selain itu, tambah Fasli, pernikahan di usia dini bisa meningkatkan risiko kematian ibu melahirkan, karena salah satu penyebabnya adalah usia yang terlalu muda saat hamil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s