Tanda Siap Nikah

ImgOrang zaman dahulu menikahkan anaknya saat masih muda dan langgeng pernikahannya, karena taat pada ayat-ayat Allah: bila melihat anaknya sudah mulai menunjukan pacaran dan/atau minta dinikahkan, maka ortu zaman dahulu segera mencarikan/menikahkan.

Di dalam Al-Quran dan hadits tidak ada ukuran kesiapan orang menikah sampai seberapa. Buat laki-lakipun tidak pernah dituliskan laki-laki berharta berapa dinar/emas yang dipunya baru dikatakan mampu siap menikah, bahkan yang ada AlQuran menyuruh lelaki miskin menikah agar kaya.

http://www.ayahara.cybermq.com/post/detail/5343/bujang-miskin-disuruh-kawin

Untuk wanita, malah lebih mudah, karena wanita tidak diberi kewajiban mencari nafkah.

Jadi, Pertanyaannya?
Apa tanda siap menikah untuk lelaki dan wanita?

Jawabannya:
Apabila lelaki/wanita sudah tahu memegang tanggung jawab, sudah baligh dan sudah punya ilmu pengetahuan serta keinginan menikah.

Tanda siap menikah dan sudah baligh pada lelaki/wanita: ialah bila sudah tak tahan utk  melakukan dosa zina hati dan zina tangan (onani atau masturbasi), mereka merasa berdosa sehingga ingin segera menikah agar terhindar dari dosa tersebut.

“Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu”

Orang zaman dahulu menikahkan anaknya saat masih muda dan langgeng pernikahannya, karena taat pada ayat-ayat Allah: bila melihat anaknya sudah mulai menunjukan pacaran bahkan minta dinikahkan, maka ortu zaman dahulu segera mencarikan/menikahkan anak-anaknya.

Bagaimana dengan Orang tua zaman sekarang? kebanyakan ortu zaman sekarang membiarkan anaknya kuliah dulu, pacaran dulu, padahal anaknya sudah minta dinikahkan dan diam-diam sudah tidak tahan berdosa zina hati dan/atau zina tangan.

Dalam masalah pernikahan adalah masalah pribadi yang tidak bisa diukur sama pada setiap individu. namun manusia suka mengatur-ngatur dengan sombongnya (usia sekian, harus kerja tetap dsb). Kenapa disebut sombong, karena manusia itu merasa lebih hebat dari AlQuran dan hadits yang mengaturnya secara tepat sesuai fitrah manusia.

Dalil-dalil:
al-Baqarah 187
أُحِلَّ لَكُمْ لَيْلَةَ الصِّيَامِ الرَّفَثُ إِلَى نِسَائِكُمْ هُنَّ لِبَاسٌ لَكُمْ وَأَنْتُمْ لِبَاسٌ لَهُنَّ عَلِمَ اللَّهُ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَخْتَانُونَ أَنْفُسَكُمْ فَتَابَ عَلَيْكُمْ وَعَفَا عَنْكُمْ فَالآنَ بَاشِرُوهُنَّ وَابْتَغُوا مَا كَتَبَ اللَّهُ لَكُمْ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الأبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الأسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ وَلا تُبَاشِرُوهُنَّ وَأَنْتُمْ عَاكِفُونَ فِي الْمَسَاجِدِ تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلا تَقْرَبُوهَا كَذَلِكَ يُبَيِّنُ اللَّهُ آيَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَّقُونَ
Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan Puasa bercampur dengan istri-istri kamu; mereka itu adalah pakaian bagimu, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri`tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.

AnNuur 032.
وَأَنْكِحُوا الأيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian (bujangan/perawan) di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s